RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Minggu | 22 Januari 2023 15:10:02 WIB

DAERAH

Ganjar Pranowo Dukung PJT, Tingkatkan Guyub Gayeng Sejagad

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Ganjar Pranowo Dukung PJT, Tingkatkan Guyub Gayeng Sejagad
RAKYATNASIONAL.COM,- Ganjar Pranowo Dukung PJT, Tingkatkan Guyub Gayeng Sejagad

Sebagaimana perubahan Paguyuban Jawa Tengah Jabodetabek menjadi Perkumpulan Paguyuban Jawa Tengah yang akan melayani warga Jawa Tengah perantauan di Provinsi lain hingga ke Mancanegara (sejagad), untuk Guyub Gayeng Saklawase, (GGS), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya secara Zoom saat Pengukuhan Dewan Pengawas dan Pengurus Perkumpulan Paguyuban Jawa Tengah ( Perkumpulan PJT), yang digelar di Gedung Nusantara IV MPR - DPRRI Senayan Jakarta, pada Sabtu 21 Januari 2023. Ganjar Pranowo mengaku mendukung penuh PJT untuk meningkatkan Perkumpulan PJT Guyub Gayeng Sejagad.

Ganjar Pranowo juga mengaku berterimakasih atas hubungan kerjasama antara PJT dengan Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta ini, sehingga program Kantor Penghubung bisa maksimal, seperti saat pemberian Sembako saat Covid bagi Warga Jateng Perantauan Jabodetabek, dan Agenda paling dekat adalah Mudik Bareng menyambut Lebaran 2023 ini, untuk itulah koordinasi dengan seluruh Paguyuban Kabupaten/Kota juga harus dilakukan dengan baik, sehingga acara Mudik Bersama dapat menekan mudik dengan motor, serta angka kecelakaan dapat ditekan.

Ganjar Pranowo juga mempersilahkan Paguyuban Jawa Tengah untuk berkantor di Kantor Penghubung guna memudahkan koordinasi, dan fasilitas lain juga bisa digunakan dalam program PJT, apalagi kepengurusan yang baru memiliki kemampuan yang luar biasa, serta orang-orang terbaik dari Jawa Tengah di Jakarta dan sekitarnya, serta melibatkan Generasi Millenial untuk membangun Jawa Tengah dan warga Boro asal Jateng, tegasnya.

Sementara dalam sambutannya Ketua Umum Paguyuban Jawa Tengah, KRT. Drs. H Leles Sudarmanto Dipuro, MM,MBA dalam sambutannya menegaskan, bahwa Perkumpulan Paguyuban Jawa Tengah, akan bekerja keras dengan program 3T, yang pertama, Terus Memfasilitasi Kolaborasi Wong Jawa Tengah. Kedua Tepat dalam mengupayakan Giat PJT dan ke tiga, Tindakan Memberikan Manfaat Bagi Keluarga PJT, jadi seluruh Bidang akan bekerja dengan Kerja Keras, Kerja Iklas dan Kerja Tuntas dengan Guyub Gayeng Saklawase, dengan acuan 3T tersebut di atas.

Diakuinya Kepengurusan Paguyuban Jawa Tengah periode 2022 - 2027 ini terdiri dari 234 tokoh Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, yang 55% adalah Generasi Millenial, untuk bekerja bagi kepentingan masyarakat Indonesia, khususnya Warga Jawa Tengah di perantauan maupun di daerah Jawa Tengah itu sendiri.

Paguyuban Jawa Tengah Siap Berkolaborasi Dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Dunia Usaha serta Stakeholders dalam dan luar negeri untuk membangung bangsa, khususnya di Jawa Tengah, dengan program PJT 3T, yaitu Terus Memfasilitasi Kolaborasi Wong Jawa Tengah. Tepat dalam mengupayakan Giat PJT dan Tindakan Memberikan Manfaat Bagi Keluarga PJT.

Dimana dalam membangun kolaborasi dengan siapa saja, mulai dari yang paling bawah sampai Presiden Jokowi, Paguyuban Jawa Tengah akan terus memfasilitasi kolaborasi wong Jawa Tengah, jadi setelah pelantikan pengurus ini, PPJT akan melakukan audensi ke Presiden RI Bapak Ir. H Joko Widodo. Kita bersyukur meskipun kepengurusan PJT kemaren belum dikukuhkan, namun kita sudah menghasilkan kolaborasi, yaitu bantuan solar sel dari Jepang, berupa hibah untuk penerangan di Jawa Tengah, serta bantuan Bus Listrik yang nantinya bisa di manfaatkan di Jawa Tengah. Dan Ketua Umum PJT telah memfasilitasi Investor Luar Negeri (Dubai, London, USA, Istambul/Turki) untuk menanamkan investasi ke Indonesia, sehingga Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang ingin menarik investor Asing bisa berkoordinasi dengan PJT.

Paguyuban Jawa Tengah juga akan terus membangun Ekonomi Kerakyatan melalui peningkatan kerjasama antar UMKM dengan pengusaha besar melalui Digitalisasi, dengan mendorong produk lokal untuk bisa masuk pasar ekspor, serta meningkatkan Enterpreneurshif Generasi Muda, dan mendorong Anak-anak Millenial untuk memulai usaha kreatif dengan digitalisasi.

Dalam kesempatan tersebut, KRT Leles Sudarmanto juga memperkenalkan pengurus PJT yang luar biasa, tokoh-tokoh Kabupaten/Kota, dengan latar belakang yang berbeda-beda, namun menempati bidang-bidang yang sesuai keahliannya, baik dari Pemerintah, Pengusaha, TNI, serta Seniman, sehingga seluruh pengurus PJT tidak sekedar kesana-kemari, tetapi bisa bekerja dengan baik dan kompak hingga bermanfaat bagi masyarakat banyak. Pengurus PJT terpilih 234 tokoh Jawa Tengah yang masuk kepengurusan Perkumpulan PJT. Dan kita akan terus bekerja Keras, Kerja Iklas dan Kerja Tuntas untuk Guyub Gayeng Saklawase (GGS), sehingga kedepan PJT benar-benar mendunia. Dan bermanfaat bagi anggota serta berkontribusi pada pembangunan negeri ini, tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Perkumpulan PJT, Nick Nurrachman, juga mempernalkan 15 bidang yang didalamnya 234 tokoh Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, untuk bekerja dan untuk kepentingan masyarakat, dan dalam bekerja untuk PJT harus sukarela dan tidak perlu disuruh-suruh, sebagaimana tageline PJT yaitu Guyub Gayeng Saklawase, PJT akan segera membangun database PJT, dan kita akan mengarah pada pelayanan digital serta membangun portal online, untuk pengembangan usaha digital, ungkapnya.

Ketua Dewan Kehormatan Paguyuban Jawa Tengah yang juga Wantimpres RI, Jenderal TNI (Purn) KRAA. H. Wiranto, SH menegaskan, bahwa Paguyuban Jawa Tengah dibentuk oleh para Pendiri saat itu adalah untuk “Guyub”, sejatinya Guyub adalah untuk menyatukan Warga Jawa Tengah di daerah perantauan untuk saling tolong menolong, Gotong-royong serta dengan kepedulian sosial, apalagi saat ini Paguyuban Jawa Tengah bukan saja Kepengurusannya di Jabodetabek, tetapi sudah diseluruh daerah di Indonesia, bahkan Mancanegara, untuk itu PJT akan mampu menjaga keutuhan bangsa dan negara, dan sekalu Ketua Dewan Kehormatan, saya berpesan agar seluruh Pengurus dan Anggota PJT tetap Guyub Gayeng, jangan terpecah-belah, dan turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Jenderal TNI (Purn) Wiranto juga merasa terharu dan bangga dalam acara pelantikan PJT kali ini, kalau selama ini pelantikan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah, namun hari ini bisa melakukan acara pelantikan di DPRRI, "PJT baru kali ini pelantikan bener bener berbeda selain tempat yang megah juga para pengurus yang berjas dan berdasi", terangnya.

Dalam kesempatan tersebut KRAA. H Wiranto, SH yang juga mengungkapkan himbauan Presiden Jokowi, agar kita waspada dengan Krisis Global akibat Pandemi Covid 19 beberapa waktu lalu, serta dampak perang Rusia – Ukraina, dimana saat ini telah banyak negara yang yang terdampak krisis global telah menjadi pasien IMF (16 negara), bahkan tak sedikit negara yang mengantri menjadi pasien IMF, namun kita harus bersyukur dengan kondisi bangsa saat ini, dimana dunia akan menghadapi resesi, namun kita bangsa Indonesia yang tahun 97-98 menjadi pasien IMF, namun hari ini masih bisa bertahan dan bahkan ekonomi masih diangka 5,3 kita akui dalam 2 tahun kebelakang kita benar - benar merasakan dampak akibat pandemi, namun berkat kekompakan antara pemerintah dan masyarakat kita bisa bebas dari pandemi sehingga pertemuan ini bisa kita lakukan secara terbuka. Untuk itulah saya meminta Paguyuban Jawa Tengah sejagad untuk bersama-sama pemerintah dalam menghadapi tantangan situasi global tersebut. Dengan tetap kerja keras membangun ketahanan ekonomi, khususnya membangun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pinta H Wiranto.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua MPR-RI, H Asrul Sani, SH, M.Si dalam sambutan Pengukuhan Pengurus PJT, agar warga Paguyuban Jawa Tengah untuk bisa menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, dimana saat ini bangsa Indonesia akan memasuki Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden RI dan Pemilu 2024, saya yakin sebagian besar warga PJT calonnya sama dengan saya, ungkapnya disambut tawa seluruh hadirin, untuk itulah dengan kondisi politik yang memanas, warga PJT jangan ikut manas-manasin, tetapi harus bisa mendinginkan atau menyejukkan, agar Pesta Demokrasi Pemilu dan Pilpres serta Pilkada bisa berjalan dengan baik, harapnya. (Red).
News Update