RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Senin | 25 Oktober 2021 10:00:57 WIB

NASIONAL

Siswa SMA Kristoforus II Ikuti Pelatihan Perpajakan P3M TSM Tentang Sengketa Pajak

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Siswa SMA Kristoforus II Ikuti Pelatihan Perpajakan P3M TSM Tentang Sengketa Pajak
RAKYATNASIONAL.COM,- Siswa SMA Kristoforus II Ikuti Pelatihan Perpajakan P3M TSM Tentang Sengketa Pajak

Sistem Perpajakan di Indonesia saat ini sudah mulai menggunakan sistem online, khususnya dalam pelaporan wajib pajak, untuk itulah wajib pajak juga harus memahaminya dengan tepat, sehingga kesalahan dalam pelaporan wajib pajak dapat dihindari, karena kesalah pelaporan dapat menimbulkan adanya sengketa perpajakan, untuk itulah guna membantu wajib pajak menekan kesalahan, Trisakti School of Management melalui P3M (Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat ) sebagai Lembaga pendidikan akan terus menerus berupaya memberikan pemahaman perpajakan kepada semua lapisan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan P3M Trisakti School of Management, yang saat ini masih dalam pembatasan kegiatan masyarakat guna mencegah Pandemi Covid 19, maka kegiatan masih dilakukan secara Daring/Online dengan fasilitas zoom meeting, dan pada hari Kamis 21 Oktober 2021, Trisakti School of Management bekerja sama dengan SMA Kristoforus II menyelenggarakan webinar Perpajakan, dan turut serta dalam webinar perpajakan Guru dan Siswa-siswi SMA Kristoforus II, Pelatihan ini diadakan bertujuan untuk memberikan pemahaman perpajakan khususnya terkait Hak dan Kewajiban Wajib Pajak dalam pemeriksaan pajak serta upaya hukum atas sengketa perpajakan. Dan pelatihan Sistem perpajakan Indonesia, Self Assessment ini juga untuk memberikan kepercayaan kepada Wajib Pajak untuk menghitung, membayar dan melaporkan sendiri besarnya pajak yang terhutang. Sebaliknya, Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) berwenang untuk menguji kepatuhan Wajib Pajak melalui pemeriksaan pajak.

Narasumber dalam webinar ini adalah Bapak Dr. Haryo Suparmun SE., Ak., MM., MBA., CA., CPA., BKP., ACPA dan Bapak Tjhai Fung Njit (David), B.Sc (Hons)., SH., M.Si, ADIT. Kedua narasumber ini merupakan dosen TSM yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang perpajakan, dan juga sebagai praktisi yang berhubungan langsung dengan wajib pajak, dalam pemenuhan hak dan kewajiban perpajakannya, khususnya terkait pembukuan, SPT, pemeriksaan pajak dan penyelesaian sengketa perpajakan.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan webinar yang berlangsung sekitar 2 jam ini mencakup hak dan kewajiban wajib pajak secara komprehensif, dimulai dari pembukuan, pemeriksaan pajak, hal-hal yang perlu diketahui oleh wajib pajak dalam pemeriksaan pajak, apa saja sumber temuan pemeriksaan pajak, berbagai jenis surat ketetapan pajak (SKP), upaya hukum yang dapat dilakukan oleh wajib pajak, mulai dari permohonan keberatan sampai dengan banding ke pengadilan pajak.

Sebagai penutup acara, Kepala Sekolah SMA Kristoforus II menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada tim Pengabdian Masyarakat dari TSM, dan mengharapkan dapat melanjutkan kerjasama untuk kegiatan sejenis di masa yang akan datang. (Nrl).
News Update