RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Jumat | 21 November 2014 17:25:55 WIB

LIPUTAN KHUSUS

Guru Harus Punya Pengetahuan Tentang Narkoba

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
 Guru Harus Punya Pengetahuan Tentang Narkoba
RAKYATNASIONAL.COM,- Penyalahgunaan Narkoba yang semakin massif dapat mengakibatkan kehilangan satui generasi bangsa..

Pemerintah tidak bisa sendirian dalam mengatasi persoalan, oleh karena itui butuh partisipasi aktif dari seluruh pihak sekolah untuk bersama-sama membunyikan kangenderang perang melawan peredaran gelap narkoba untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh barang haram itu.

Hal itu di sampaikan Kasubdit Heroin Deputi Bidang Pemberantasan BNN Slamet Pribadi saat Focus Group Discussion (FGD) Guru SMK Pancoran Mas (Panmas) Depok, Kamis, 20/112014).

Menurut Slamet, Penyalahgunaan narkoba itu tindak pandang bulu. Buktinya ada oknum dosen, hakim, tentara, polisi yang menjadi budak dari narkoba. Demikian juga sekolah, kampus sudah banyak siswa dan mahasiswa yang terindikasi penyalahgunaan narkoba. Untuk itu seleuruh pihak hendaknya melakukan pengawasan terhadap muridnya dan mencegah masuknya narkoba di lingkungan sekolah” jelas Slamet Pribadi ,

Akibat dari penyalahgunaan narkoba dapat gangguan pada sistem saraf sehingga pengguna narkoba sulit untuk konsentrasi dan mengidap beberapa penyakit mental tambah Slamet.

Jalan satu-satunya bagi mereka yang sudah kecanduan narkoba adalah melalui proses rehabilitasi. Jika tidak direhabilitasi maka pasar narkoba di indonesia akan terus terbuka tandas Slamet. Memenjarakan pecandu bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan narkoba tambah Slamet.

Pada kesempatan yang sama, Rahmat salah satu peserta FGD mengungkapkan, guru mempunyai tanggungjawab moral terhadap masa depan generasi muda.

Oleh karena itu guru harus mampu memberikan bimbingan dan arahan agar siswa tidak coba-coba menyalahgunakan narkoba ujar Rahmat. Guru, lanjut Rahmat hendaknya memiliki pengetahuan penyalahgunaan narkoba. Caranya adalah dengan mencari referensi dan informasi lewat buka dan internet. (Oscar)
News Update