RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Minggu | 04 Juli 2021 07:00:32 WIB

NASIONAL

Armada 3 laksanakan Serbuan vaksin di Pulau terdepan

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Armada 3 laksanakan Serbuan vaksin di Pulau terdepan
RAKYATNASIONAL.COM,- Armada 3 laksanakan Serbuan vaksin di Pulau terdepan

Ternate, 3 Juli 2021 (Guspurlaarmada/Koarmada3) --- percepatan dan pemerataan vaksin bagi masyarakat pulau terpencil dan terdepan diwilayah Indonesia Timur dilakukan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III bertempat di pulau Moti, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (3/7/2021).

Program vaksin Covid-19 yang dilaksanakan tersebut dipantau langsung Komandan Guspurla III Laksma TNI Retiono Kunto didampingi Sekretaris Kota Ternate, Jusuf Sunya dan Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin.

Komandan Guspurla III Laksma TNI Retiono Kunto mengatakan, Program vaksin diwilayah terpencil dan terdepan ini merupakan instruksi presiden Joko Widodo untuk mempercepat pemerataan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Pelaksanaan vaksin diwilayah kepulauan ini lanjut Retiono, merupakan tugas pokok yang melaksanakan pengamanan diwilayah terpencil dan terdepan.
"Karena itu maka, daerah yang menjadi pulau terpencil merupakan daerah yang penting karena mungkin akses komunikasi yang terbatas sehingga langkah ini yang dilakukan untuk mempercepat program tersebut," tuturnya.

Selain di Moti lanjut, Retiono, Guspurla secara berkala terus melakukan program vaksin di pulau-pulau diwilayah Koarmada III baik di Sorong, Jayapura, Ambon hingga Maluku Utara.
"Harapan saya agar pelaksanaan vaksin ini bisa dilaksanakan secara merata dan tepat sasaran, karena kedepan setiap aktivitas harus memiliki sertifikat vaksin," jelasnya.

Sementara itu sekretaris kota Ternate, Jusuf Sunya dalam kesempatan tersebut tersebut menyampaikan, program yang dicanangkan pemerintah ini harus dilakukan secara bersama atau berkolaborasi termasuk dengan TNI-AL, karena untuk menjangkau pulau terluar seperti ini tentunya TNI-AL yang memiliki fasilitas.

"Dengan fasilitas yang ada ini kiranya kita bisa berkolaborasi, Lanal memiliki fasilitas lengkap yang bisa menjangkau sampai ke pulau terluar seperti di Moti ini," tuturnya.
Langkah ini kata Jusuf, untuk memberikan pelayanan kesehatan vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang belum menerima vaksin.
"Ini dilakukan dengan harapan agar bangsa ini bisa menjadi lebih sehat terutama terhindar dari virus Covid-19," pungkasnya.
News Update