RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Rabu | 21 Agustus 2019 18:36:13 WIB

LIPUTAN KHUSUS

Soal Laporan Belanja Perpajakan, Ini Saran BPK untuk Pemerintah

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Soal Laporan Belanja Perpajakan, Ini Saran BPK untuk Pemerintah
RAKYATNASIONAL.COM,- Soal Laporan Belanja Perpajakan, Ini Saran BPK untuk Pemerintah

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan apresiasi atas usaha Kemenkeu membuat Laporan Belanja Perpajakan atau Tax Expenditure Report. Menurut BPK, tindak lanjut atas laporan tersebut sangat diperlukan.

Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar mengatakan Laporan Belanja Perpajakan merupakan bagian penting dalam mengukur kinerja pemerintah dari sisi belanja dalam bentuk kebijakan. Apalagi, dari sisi nilai, belanja perpajakan juga terhitung besar dengan laporan terkini mencapai Rp221 triliun.

"Kita apresiasi betul laporan tersebut", katanya dalam seminar nasional bertajuk "Mengawal Akuntabilitas Keuangan Negara" di Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR, Rabu (21/8/2019).

Lebih lanjut, Bahrullah menambahkan perlunya peningkatan dari penggunaan Laporan Belanja Perpajakan. Dia meminta agar laporan ini menjadi dasar yang wajib masuk dalam menyusun nota keuangan. Pasalnya, selama ini Laporan Belanja Perpajakan masih menjadi bagian yang terpisah dari Nota Keuangan dan RAPBN.

Masuknya laporan belanja perpajakan dalam menyusun anggaran diharapkan menjadi basis kuat dalam menyusun target dalam APBN, khususnya penerimaan perpajakan. Dengan demikian, dapat memudahkan pemerintah dalam melaksanakan anggaran.

"BPK mengharapkan kedepan Laporan Belanja Perpajakan ini menjadi bagian dari mekanisme dalam menyusun nota keuangan dan menetapkan asumsi dalam APBN," imbuhnya.

Sebagai informasi, estimasi belanja perpajakan pada 2018 dalam nota keuangan tercatat senilai Rp221,1 triliun atau sekitar 1,5% terhadap produk domestik bruto (PDB). Nilai tersebut menunjukkan kenaikan sekitar 12,3% dari estimasi 2017 senilai Rp196,8 triliun atau sekitar 1,5% terhadap PDB.

Pada Laporan Belanja Perpajakan terbaru, pemerintah melakukan penyempurnaan penyusunan laporan dalam beberapa aspek. Penyempurnaan itu berupa perluasan cakupan jenis pajak, penambahan jumlah peraturan yang dapat diestimasi, serta perbaikan data maupun metodologi perhitungan.

Adapun penjelasan mengenai konsep dan prinsip, serta komparasi tax expenditure bisa dibaca juga dalam Working Paper DDTC bertajuk "Tax Expenditure Atas Pajak Penghasilan: Rekomendasi Bagi Indonesia" yang telah diterbitkan pada 2014. (Redaksi)
News Update
  • KPK Di Gembosi Kewenangannya

    NASIONAL | 14 September 2019 06:22 WIBKPK Di Gembosi Kewenangannya Revisi Undang-undang KPK oleh Komisi III DPR-RI memiliki motif pelemahan kewenangan Lembaga Anti Rasua itu, hal ini sampaikan Direktur Eksekuti Komite Anti Korupsi
  • SPKKL Bali Ikuti Latihan Menembak Eksekutif

    LIPUTAN KHUSUS | 12 September 2019 20:58 WIBSPKKL Bali Ikuti Latihan Menembak Eksekutif Bali, 12 September 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard)--- Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bali Bakamla