RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Rabu | 21 Agustus 2019 10:06:40 WIB

INTERNASIONAL

Siapkan Kompetitor Terbaik Bidang Cooking Dalam ASC, Kemenaker Gandeng STP Trisakti

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Siapkan Kompetitor Terbaik Bidang Cooking Dalam ASC, Kemenaker Gandeng STP Trisakti
RAKYATNASIONAL.COM,- Siapkan Kompetitor Terbaik Bidang Cooking Dalam ASC, Kemenaker Gandeng STP Trisakti

ASEAN Skills Competition ke XIII di Singapura 2020, suatu sarana yang baik
bagi Indonesia untuk mempromosikan kualitas dan daya saing tenaga kerja ditingkat internasional, dan keikutsertaan Indonesia pada ASC XIII, merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Prestasi lndonesia dalam ASEAN Skills Competition merupakan suatu hal yang harus diperjuangkan. Prestasi yang selama ini sudah baik harus dipertahankan bahkan ditingkatkan dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan Bangsa Indonesia dalam pergaulan internasional khususnya di kawasan ASEAN.

Pada tahun 2020, ASC ke XIII yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 s.d. 31 Juli 2020 di Singapura dengan partisipasi 10 (sepuluh) Negara Anggota ASEAN dan 22 (dua puluh dua) kejuruan yang akan dipertandingkan, salahsatunya adalah Skill kejuruan Cooking, dan untuk Seleksi Nasional, Kemaker RI menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) untuk menentukan Kompetitor Terbaik Bidang Cooking Dalam iven ASC XIII Singapura.

Ketua juri Seleknas ASC Skill Cooking, Timotius Agus Rahmat mengaku akan berbuat semaksimal mungkin dalam menyiapkan Duta-duta terbaik tingkat nasional dalam ajang Kompetitor ASEAN Skills Competition XIII Singapura 2020 yang akan datang, dan iven ini manjadi motivasi kami untuk terus berupaya meningkatkan prestasi Indonesia pada ASC XIII Singapura.

Alumni STP Trisakti ini juga menegaskan, bahwa ajang uji prestasi ASC XIII 2020 di Singapura merupakan kegiatan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan prestasi dan kompetensi SDM Indonesia di kancah internasional, khususnya Asean, hari ini dengan fasilitas sarana prasarana di STP Trisakti Jakarta ini, kita lakukan seleksi tingkat nasional, yang nantinya bisa berkompetensi meraih prestasi terbaik dalam iven ASEAN Skills Competition yang akan digelar di Singapura, dan Seleknas ASC ini juga wujud kerjasama Pemerintah, Dunia Industri dan Lembaga Pendidikan Tinggi, tegasnya.

Dari pengalaman tahun lalu, untuk kekurangan kita saat ini mulai perbaki, dan kemenaker melakukan seleksi lebih baik lagi, sehingga seleknas ini benar-benar melahirkan duta-duta terbaik tingkat nasional untuk tampil di ajang Asian, juara 1 dan 2 di tiap Skill tingkat nasional ini usai seleksi akan diberikan bekal ilmu tambahan sampai juli, sesuai vokasi atau bidang yang ditentukan, baik di industri maupun lembaga pendidikan tinggi, Kemenaker terus berupaya semaksimal mungkin dalam membangun jaringan dalam menyiapkan peserta lomba ASC tingkat Asean tersebut, kalau tahun lalu kita juara kedua kita berharap ASC XIII tahun 2020 Singapura, kita bisa menjadi juara umum, ungkap Timotius Agus Rahkat.

Sementara penanggung jawab seleksi ASC, Rima Diniah, SH,MH juga menambahkan bahwa acara Seleknas Kompetitor ASC XIII diselenggarakan tersebar di 10 (sepuluh) lokasi, yaitu: BBPLK Bekasi, BBPLK Bandung, BBPLK Semarang, BBPLK Serang, Hotel Horison Ultima Bekasi, Puspita Martha Beauty International School Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) Jakarta, Akademi dan Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) Karawang, serta SMKN 1 Batam. Dan hari ini di Kampus STP Trisakti kita Seleksi Calon Kompetitor ASC XIII, khusus Skill Cooking.

Sebenarnya dalam Seleksi Nasional ASEAN Skills Competition XIII, telah digelar sejak tanggal 12 s.d. 16 Agustus 2019 dan untuk Cooking digelar mulai tanggal 19 s.d. 23 Agustus 2019, dan Seleknas ini merupakan kegiatan yang penting dan strategis guna menemukan calon-calon kompetitor yang unggul dan tangguh untuk selanjutnya dipersiapkan menjadi "Duta Bangsa Indonesia" pada ajang ASEAN Skills Competition XIII atau Worldskills ASEAN XIII tahun 2020 di Singapura.

Untuk Seleknas keseluruhan akan diikuti oleh 300 (tiga ratus) orang yang terdiri dari para juara Selekda dari 26 (dua puluh enam) provinsi di Indonesia yang berhasil melampaui passing grade, Juara Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan perwakilan dari industri, Iembaga pelatihan kerja maupun Iembaga pendidikan tinggi,
untuk itu atas nama Kementerian Tenaga Kerja RI mengucapkan terimakasih pada STP Trisakti yang telah memfasilitasi penjaringan tingkat nasional, khususnya Seleknas bidang Cooking, ungkap Rima Diniah, SH,MH. (Pry)
News Update