RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Senin | 12 Agustus 2019 11:00:54 WIB

RAGAM INDONESIA

Program Double Degree Disambut baik, Orang Tua Mahasiswa Baru STP Trisakti

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Program Double Degree Disambut baik, Orang Tua Mahasiswa Baru STP Trisakti
RAKYATNASIONAL.COM,- Program Double Degree Disambut baik, Orang Tua Mahasiswa Baru STP Trisakti

Program Double Degree yang ditawarkan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti), dimana para mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dua kampus, di dalam negeri dan di luar negeri dalam satu studi sekaligus, hingga memperoleh dua sertifikat kelulusan STP Trisakti dan perguruan tinggi lain dari luar negeri atas kerjasama joint degree, sehingga memperoleh dua Gelar Nasional dan Internasional, disambut baik orang tua mahasiswa baru STP Trisakti.

Disela acara Pengenalan Program Studi Pariwisata STP Trisakti pada orang tua mahasiswa baru STP Trisakti, beberapa orang tua mengaku bersyukur bila anaknya yang saat ini menimba ilmu di STP Trisakti, nanti bisa juga kuliah ke luar negeri, hal tersebut memang menjadi harapan anaknya agar punya kesempatan kuliah di negara luar.

Isak Surjadi, orang tua Charen Clamentin (mahasiswa baru STP Trisakti) menjelaskan, bahwa kegemaran anak adalah treveling, selama ini sering melakukan perjalanan wisata di beberapa daerah di Indonesia, sehingga Charen Clamentin ingin memperdalam bidang studi tour & travel atau Prodi Usaha Perjalanan Wisata, dan kita semua tau, STP Trisakti merupakan salahsatu kampus Pariwisata terbaik di Jakarta.

Kami orang tua yakin, di STP Trisakti akan mampu melahirkan Sarjana Pariwisata maupun vokasi Sarjana Terapan Pariwisata, yang menguasai ilmu Pariwisata, demikian juga kesempatan studi ke negara lain, kita ingin Charen Clamentin nanti juga bisa kuliah di Eropa atau Guillin Tourism University, China, tegasnya.

Amelia Susanti, Orang Tua Mahasiswa Baru STP Trisakti, Yosep Lukman Cahya juga mengaku bersyukur anaknya bisa kuliah di STP Trisakti, karena ini memang sesuai bakat anak, sebagaimana tes bakat yang harus meneruskan ke Pendidikan tinggi yang harus banyak prakteknya.

Sebagaimana cita-cita anak yang nantinya bisa kuliah di luar negeri maupun bisa bekerja di luar negeri, di STP Trisakti ini juga membuka peluang kuliah double degree dengan beberapa universitas luar negari, untuk itu kami orang tua lebih memilih STP Trisakti untuk Yosep, bisa kuliah di Indonesia dulu baru ikut program double degree kuliah ke luar negri, soalnya kalau lulus SMA langsung ke luar negri, kami orang tua keberatan, tapi kalau kuliah di STP Trisakti dulu, baru kuliah tambahan ke luar negri, kami sangat mendukung, paparnya.

Mesti saat ini banyak prodi pariwisata di kampus lain, namun dari informasi saudara maupun teman, STP Trisakti-lah yang memiliki akreditasi dan prestasi yang baik, untuk memilih kampus maupun program studi harus yang benar-benar baik, dan tidak boleh coba-coba, dan sebelumnya memang sudah ikut tes bakat, sehingga kami memilih STP Trisakti, tegas Amelia Susanti.

Hal yang sama juga diungkapkan Yanti, orang tua dari Albert Samuel, (lulusan SMA dari Lampung), juga mengaku bangga bisa memberikan kesempatan anaknya untuk meneruskan di STP Trisakti Jakarta, dengan biaya yang tidak mahal, namun bisa kuliah di Kampus ternama di Jakarta bahkan bisa berkesempatan kuliah ke Universitas lain di luar negeri.

Prodi Perhotelan dipilih juga karena peluang kerja di luar negri sangat terbuka, atau mungkin kerja di kapal pesiar wisata, sebagai warga Lampùng, Ayahnya Samuel memang sering browsing di internet, dan kita menemukan STP Trisakti yang juga memberikan kesempatan separo waktu kuliah di luar negri, kita menemukan banyak alumni STP Trisakti yang memiliki reputasi tinggi seperti chef maupun pimpinan hotel-hotel berbintang, dan setelah disampaikan ke anak sangat tertarik.

Hobinya yang suka memasak juga terlihat ada bakat khusus di perhotelan, untuk itu kami menyerahkan pada STP Trisakti untuk menggali potensi bakat anak, semoga bisa belajar jadi yang terbaik dan memiliki prestasi yang baik pula, saya yakin STP Trisakti bisa mencetak SDM handal yang mampu berkiprah di dalam maupun luar negri, papar Ibu Yanti yang datang dari lampung ini.

Sementara ditempat yang sama, wakil lembaga pendidikan tinggi luar negeri, sebagai mitra STP Trisakti juga memaparkan pada orang tua mahasiswa STP Trisakti.

Dr. Pan Junyang (Jabbar) executive Diam Guillin Tourism University disela acara tatap muka dengan orang tua mahasiswa juga menjelaskan, bahwa Guillin Tourism University telah lama bekerjasama dengan STP Trisakti seperti dalam pertukaran dosen dan mahasiswa, maupun bidang penelitian. Kerjasama ini akan memberikan manfaat kedua belah pihak.

Saat ini kita telah menerima 50 mahasiswa STP Trisakti yang kuliah di Guillin Tourism University China, demikian juga Guillin Tourism University telah mengirimkan mahasiswa untuk kuliah di STP Trisakti, baik program Sarjana maupun Magister, kami saling mendukung terhadap peningkatan akademik maupun penelitian, dan Pemerintah China siap membantu pendanaan dalam kerjasama penelitian Guillin Tourism University dengan STP Trisakti, ungap Dr Pan Junyang.

Hal senada juga di ungkapkan Dedet Hidayat dari International Management Institute (IMI) Switzerland, bahwa kerjasama STP Trisakti dengan IMI sudah berjalan 12 tahun, dan telah banyak mahasiswa STP Trisakti kuliah maupun magang di Swis, dimana mahasiswa yang mengikuti program double degree juga diberi kesempatan magang kerja di perusahaan Perhotelan, Travel biro maupun Restoran dengan gaji hingga 20 juta per-bulan, dan IMI juga terus membantu alumni IMI untuk bekerja di Eropa, jadi disamping mereka memperoleh gelar S.Par dari STP Trisakti, namun juga memperoleh gelar dari Mitra Universitas di Eropa. Bahkan ada beberapa diantaranya ditarik kerja ditempat mereka magang saat di Swis, inilah upaya IMI yang juga membantu alumni IMI agar bisa kerja di Swis, Amerika maupun negara lain di Eropa, ungkap Dedet Hidayat.


Sementara dalam sambutannya, Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati, SE, MM banyak memaparkan akan Akreditasi Program Studi di STP Trisakti, Sarana Praktikum, Laboratorium, SDM Dosen, Unit Kegiatan Mahasiswa, Mitra Kerja Industri serta Mitra Universitas Dalam dan Luar Negeri, hingga kewirausahaan mahasiswa saat kuliah namun sudah sukses berwirausaha.

Disamping itu juga banyak beasiswa yang diterima mahasiswa, baik dari Pemerintah, Industri maupun Yayasan Trisakti, juga beasiswa bagi dosen untuk menyelesaikan program doktor (S3) maupun untuk kegiatan penelitian.

Prestasi mahasiswa di Kancah nasional maupun internasional juga menunjukkan tingginya kualitas akademik, sehingga mahasiswa dengan karya-karyanya juga telah memperoleh pengakuan dari pemerintah, dengan diterimanya pemberian hak kekayaan intelektual (HAKI), demikian juga produk makanan yang dibuat para mahasiswa bersama dosen juga banyak memperoleh penghargaan HAKI, jadi prestasi bukan saja para mahasiswa, namun dosen STP Trisakti, tegasnya.

12 desa binaan di Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat, Pekalongan Jawa Tengah, Sumatera Barat serta daerah lain juga dipaparkan pada orang tua, demikian juga kerjasama beberapa Universitas di luar negeri, baik di Asia, Eropa juga Australia, akan memberikan kesempatan perkuliahan mahasiswa STP Trisakti, kami akan memberikan pelayanan perkuliahan terbaik demi keberhasilan putra-putri Bapak Ibu orang tua mahasiswa yang sudah memberikan kepercayaan kepada STP Trisakti, papar Fetty Asmaniati, SE.MM. (Pry).
News Update